Sabtu, 26 November 2016

TEORI WARNA MENURUT BREWSTER (A)

TEORI WARNA MENURUT BREWSTER (A)

David Brewster atau lebih dikenal Brewster lahir di Scotlandia pada tangga 11 Desember 1781 beliau merupakan salah satu ilmuan yang mengungkapkan menganai teori pengelompokan warna. Teori nya mengenai warna pertama kali dinyatakan pada tahun 1831. 

Dalam toerinya ia mengelompokan warna – warna yang ada di alam menjadi 4 kelompok yaitu :
  • Kelompok Warna Primer 
  • Kelompok Warna Sekunder
  • Kelompok warna Tersier
  • Kelompok warna Netral.
Kelompok Warna ini disusun dalam lingkaran warna Brewster.Lingkaran warna Brewster menjelaskan teori komplementer, Spilit komplementer, triad dan tetrad.

A. Kelompok Warna Primer
Warna primer yaitu warna yang murni berdiri sendiri tanpa campuran warna lain, warna – warna tersebut terdiri dari warna Merah, Kuning dan Biru . Warna primer bisa juga disebut warna dasar atau warna pokok ini maksudnya warna yang menjadi dasar dari warna yang lain. Misalnya warna orange di dapat dari percampuran warna merah dan kuning, Begitu juga warna hijau di dapat dari percampuran dari warna biru dan kuning. Ini artinya semua warna pada hakikatnya adalah turunan dari percampuran warna primer.









B. Kelompok Warna Sekunder
Warna Sekunder merupakan warna yang tidak berdiri sendiri tetapi berasal dari percampuran dua warna primer, Warna – warna tersebut terdiri dari warna orange yang didapat dari percampuran Merah dan kuning, warna Hijau didapat dari prcampuran warna biru dan kuning dan warna ungu didapat dari percampuran warna merah dan biru.



Warna sekunder bukan hanya tiga saja seperti yang saya sebutkan tadi tapi warna sekunder bisa tak terhingga jumlahnya tergantung dari takaran percampuran warna pokoknya.






( bersambung....)
Load disqus comments

0 komentar